Sejarah Pacaran

Dulu, dalam tradisi Melayu..

Ketika seorang Pemuda jatuh hati pada seorang Gadis, pada Bulan Purnama ia pergi kerumah Gadis itu, tapi ngk masuk, melainkan ia pergi ke bawah jendela kamar si Gadis.

Di bawah jendela itu, Pemuda itu memainkan serulingnya dengan Merdu, juga bersya’ir dg kata-kata nan Indah, dg kencang agar orang tua si gadis juga mendengar

Alhasil, Pemuda tersebut dipanggil Ayah si Gadis, lalu ia ditanya keseriusan nya, jauhi atau menikah.
Bila benar serius maka, Pemuda dan Gadis ini di pisahkan selama 40 hari, sembari di olesi daun “Pacar” pada tangannya.

Nah, dalam 40 hari itu..
Pemuda, mempersiapkan biaya pernikahan, rumah, dan segala kebutuhan untuk berumah tangga
Gadis, di beri pendidikan bagaimana berumah tangga oleh ibunya, bagaimana masak, merawat rumah, merawat suami, dan anak.

Ketika tanda daun Pacar nya sudah hilang selama 40 hari keduanya pun di nikahkan.

(sumber: dari instagram @tausyiahku)

Rabu, 23 Juli

FotoSketcher - PPBismillaahirrahmaanirrahiem

Tak terasa sudah lima tahun berlalu, sejak hari Rabu 23 Juli 2009 dan sekarang bertemu lagi dengan Rabu, 23 Juli 2014. Sungguh nikmat Allah SWT yang wajib disyukuri. Lima tahun yang penuh kenangan suka dan duka. Lima tahun yang penuh harapan dan pinta setiap harinya. Lima tahun yang penuh tawa dan tangis bersama. Lima tahun yang -semoga- menjadi pondasi yang cukup kuat untuk membangun rumah tangga sampai ke surga. Lima tahun yang -semoga- menguatkan tekad dan tangan kita mengayuh bahtera hingga ke tepian ridho-Nya. Lima tahun yang -semoga- memantapkan ringkih badan kita menanggung amanah-Nya.

Istriku, tiada kata yang lebih pantas aku ucapkan selain ucapan terima kasih atas segalanya. Engkau yang tak pernah lelah mengiringi langkah-langkah kakiku. Engkau yang selalu sabar atas ketidaksabaranku. Engkau yang tak pernah henti menjadi pakaian yang menutup semua kekuranganku.

Istriku, tiada kata yang lebih pantas aku ucapkan selain ucapan maaf atas segalanya. Atas segala sikap kekanakanku. Atas segala alfa yang tak pernah meninggalkanku. Atas segala keburukan sikap, ucap dan tindakanku.

Istriku, mari perbaharui niat pernikahan kita dahulu. Kita teguhkan lagi janji kita dulu. Kita kokohkan lagi bahtera kita. Sebagaimana pesan pernikahan yang dulu kita dengar bersama-sama.

Perkokohlah bahteramu karena samudra ini amat dalam. Perbanyaklah bekalmu karena perjalanan ini amat panjang. Ikhlaskanlah amalmu karena pencatatmu sungguh amat jeli.

Kini, kita tak lagi berdua. Ada anak-anak yang menuntut kita untuk menjadi teladan bagi mereka. Ada anak-anak yang menuntut kita untuk menjadi lumbung kasih sayang bagi mereka. Ada anak-anak yang menuntut kita lebih dekat kepada-Nya. Permata-permata indah yang dititipkan Allah SWT untuk kita jaga kemilaunya. Perhiasan-perhiasan terindah yang tak boleh kita gadaikan dengan dunia dan isinya.

Istriku, lima tahun ini tak akan ada artinya tanpa hadirmu. Lima tahun ini tak akan ada maknanya tanpa cintamu. Semoga lima tahun ini menjadi modal yang baik untuk tahun-tahun selanjutnya.

Istriku, mari kita berdoa dengan doa yang tak pernah lepas dari hati dan lisan kita, sejak lima tahun yang lalu:

Ya Allah, sungguh kami mengharap cinta-Mu. Sungguh kami mengharap cinta dari orang-orang yang mencinta-Mu. Dan sungguh kami mengharap cinta yang menghantarkan kami kepada cinta-Mu

Aamiin.

Kiangroke, 02:44 AM

Cara mudah untuk berhijab

Bismillaah..
Siang-siang nunggu makanan datang, nemu tulisan ust. Felix Siauw. Keren banget. Share aja di sini, mudah-mudahan bermanfaat.

1. saat kita menyadari keberadaan Allah | maka menaati Allah terasa mudah

2. beribadah seolah-olah kita melihat Allah | bila kita tidak bisa melihat Alllah | sungguh Allah Mahakuasa melihat kita

3. bila kita beribadah dengan menyadari keberadaan Allah | maka anggapan manusia jadi tidak penting diperhitungkan

4. bila kita beribadah dengan menyadari bahwa Allah mengawasi | maka apapun yang Allah pinta akan kita lakukan tanpa alasan

5. lihat saja Muslimah yang melakukan shalat, tentu mereka menutup aurat | tidak banyak alasan, tanpa menunggu kesiapan

6. walau sehari-harinya Muslimah ini tidak menutup auratnya | tapi tak ada Muslimah yang berani shalat dengan terbuka auratnya

7. namun banyak Muslimah membuka kembali auratnya selepas shalat | mereka berani karena merasa Allah hanya mengawasi saat shalat saja

8. namun menarik bila kita melihat lagi inti pembahasan kali ini | “bagi yang sadar keberadaan Allah, maka taat baginya sangat mudah”

9. hampir-hampir tak ada Muslimah yang berkata “belum siap” menutup aurat saat shalat | mengapa? karena mereka sadar Allah mengawasi

10. saat pikir dan hati kita fokus kepada Allah yang Maha Mengawasi | maka anggapan manusia tak penting dan tak ada alasan lagi

11. maka bagu Muslimah yang “tak siap” berhijab ada jalan mudah berhijab | yaitu menyadari bahwa Allah melihatmu setiap waktu

12. anggaplah seluruh hidupmu sama seperti shalat, bukankah hidup ini hanya untuk beribadah | “innasshalati.. wannusukii.. wamahyaya..”

13. tak ada yang sulit bila semua sudah karena Allah | tiada yang sudah bila Allah sudah memudahkan kita

14. maka berhijablah karena Allah | maka semua akan mudah

Dikutip dari +felixsiauw

Lelaki Matahari

Bismillaah.

Ini salah satu cerita favorit saya. Sumbernya dari mana, saya lupa lagi. Anyway, selamat membaca, jangan lupa komen (ngarep.. )

CAM01053

Seorang wanita bertanya pada seorang pria tentang cinta dan harapan. Wanita berkata ingin menjadi bunga terindah di dunia dan pria berkata ingin menjadi matahari.

Wanita tidak mengerti kenapa pria ingin jadi matahari, bukan kupu-kupu atau kumbang yang bisa terus menemani bunga.

Wanita berkata ingin menjadi rembulan dan pria berkata ingin tetap menjadi matahari.  Wanita semakin bingung karena matahari dan bulan tidak bisa bertemu, tetapi pria ingin tetap jadi matahari.

Wanita berkata ingin menjadi Phoenix yang bisa terbang ke langit jauh di atas matahari dan pria berkata ia akan selalu menjadi matahari.

Wanita tersenyum pahit dan kecewa. Wanita sudah berubah 3x namun pria tetap keras kepala ingin jadi matahari tanpa mau ikut berubah bersama wanita.

Maka wanita pun pergi dan tak pernah lagi kembali tanpa pernah tahu alasan kenapa pria tetap menjadi matahari. Pria merenung sendiri dan menatap matahari.

Saat wanita jadi bunga, pria ingin menjadi matahari agar bunga dapat terus hidup. Matahari akan memberikan semua sinarnya untuk bunga agar ia tumbuh, berkembang dan terus hidup sebagai bunga yang cantik. Walau matahari tahu ia hanya dapat memandang dari jauh dan pada akhirnya kupu kupu yang akan menari bersama bunga. Ini disebut kasih yaitu memberi tanpa pamrih.

Saat wanita jadi bulan, pria tetap menjadi matahari agar bulan dapat terus bersinar indah dan dikagumi. Cahaya bulan yang indah hanyalah pantulan cahaya matahari, tetapi saat semua makhluk mengagumi bulan siapakah yang ingat kepada matahari. Matahari rela memberikan cahaya nya untuk bulan walaupun ia sendiri tidak bisa menikmati cahaya bulan, dilupakan jasanya dan kehilangan kemuliaan nya sebagai pemberi cahaya agar bulan mendapatkan kemuliaan tersebut. Ini disebut dengan Pengorbanan, menyakitkan namun sangat layak untuk cinta.

Saat wanita jadi Phoenix yang dapat terbang tinggi jauh ke langit bahkan di atas matahari, pria tetap selalu jadi matahari agar Phoenix bebas untuk pergi kapan pun ia mau dan matahari tidak akan mencegahnya.

Matahari rela melepaskan phoenix untuk pergi jauh, namun matahari akan selalu menyimpan cinta yang membara di dalam hatinya hanya untuk phoenix. Matahari selalu ada untuk Phoenix kapan pun ia mau kembali walau phoenix tidak selalu ada untuk matahari. Tidak akan ada makhluk lain selain Phoenix yang bisa masuk ke dalam matahari dan mendapatkan cinta nya. Ini disebut dengan Kesetiaan, walaupun ditinggal pergi dan dikhianati namun tetap menanti dan mau memaafkan. Pria tidak pernah menyesal menjadi matahari bagi wanita.

Valentine’s Day

Bismillah

ini postingan dari:

http://felixsiauw.com/home/vday-love-or-lust-sayang-atau-syahwat/

cukup panjang, jadi yang sabar aja bacanya. mudah-mudahan bermanfaat dan jadi jariyah ilmu bagi beliau, Aamiiin.

01. katanya virus #vday menyerang paling ganas pada remaja, karena itu kita perlu definisikan siapa itu remaja :)

02. remaja yang kena #vday bukan lagi anak-anak, belum nyampe dewasa, apalagi kolot! remaja sering disebut abege, anak baru gede!

03. apanya yang gede?! >> jangan piktor ah, yang jelas badannya tambah gede, tenaganya juga, porsi makannya pula, dan yang kentara nafsunya tambah gede!

04. karena nafsunya udah gede, makanya orang bilang masa remaja itu masa-masa paling indah, betul? >> apanya yang indah? >> cek…

05. mulai demen sama lawan jenis.. PDKT dah.. caranya >> pinjem bukuuu! (ini strategi dari tahun 70-an), atau belajar bersama (strategi baheula)

06. indahnya lagi masa remaja, jalan bareng-bareng.. kalo ada yang kecantol, yaa.. ajak nonton bareng >> pas nonton pingin? >> megang-megang..

07. pas ditanya kenapa megang-megang? alasannya “praktek anatomi” *glek >> ancur.. >> kebablasan akhirnya?! >> haliim! (ee.. salah, hamil) -_-; *sigh

08. gak kuat nanggung malu, diaborsi, digugurin, bayinya dibunuh, naudzubillah.. itulah kondisi remaja masa kini, hasil pergaulan bebas

09. banyak yang umbar nafsu atas nama cinta, dan itu bukan terjadi karena niat doang, tapi ceweknya juga kasi kesempatan >> waspadalah! WASPADALAH!

10. makanya kita juga kudu tau kumaha me-menej cinta, yuk kita bahas tentang cinta (cie.. cie.. kalo udah yang ini pada ngumpul dah) :D

11. banyak definisi dari para sarjana tentang cinta, yang paling terkenal adalah “love is cinta” >> gubrak! ya iyalah (judul film noh!) -_-;

12. ada yang bilang pula cinta itu perasaan mendalam yang nggak terukur (kayak sumur), ada juga yang bilang cinta itu buta (huruf, karena nggak pernah sekolah)

13. ada juga yang bilang “love at first sight” >> bahasa indonesianya >> jangan merokok sembarangan.. eh salah “cinta pertama” -_- >> nama lainnya cinta monyet

14. kenapa cinta monyet? >> karena monyet kalo pacaran udah putus urat malunya, rasa-rasa dunia milik bedua, yang lain figuran >> begitulah cinta monyet

15. mendefinisikan cinta sulit, tapi saya bisa kasitau efek kena cinta, misal selalu senyum-senyum sendiri (beda tipis sih sama orang depresi akut)

16. cinta juga buat orang yang paling pemberani jd kyk ayam matok cacing, ngangguk2 mulu didepan yg dicintai, gak berani ngelawan

17. cinta juga bisa buat orang yang paling pengecut pasang badan, bertaruh nyawa demi yang dicintainya, jadi herois

18. cinta membuat gunung tak ada yg terlalu tinggi tuk didaki, buat tak ada laut yg terlalu luas tuk diseberangi *suit2.. :)

19. yang paling jelas, cinta adalah kursus puisi gratis, karena yg jatuh cinta mendadak jadi puitis, Hamlet aja kalah sama puisinya, mantap! :D

20. makanya Michael Faraday bilang “cinta itu tak dapat diciptakan n dimusnahkan, hanya berubah bentuk” (riwayat nipu) >> eh itu listrik ya?

21. pokoknya jatuh cinta itu nikmat, lagu dangdut jadi enak didengar dan makanan apapun jadi lezat, hehe..

22. kalo lagi bokek, mau makan gratis, deketin aja orang yang lagi jatuh cinta, pasti ditraktir (kalo dia nggak sama bokek)

23. tapi jangan coba-coba minta traktir sama yang baru patah cinta, dilempar pake sendal jepit ada.. -_-; karena apapun jadi gak enak

24. orang putus cinta, makan tak enak (karena ngutang) tidur tak nyenyak (karena rumahnya bocor) hehe.. :D

25. ah, ngelantur dah, balik lagi.. Ok, jadi cinta itu adalah sesuatu yang fithrah, murni, suci. Allah pun memberitahu kita lewat firmannya:

26. “diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya; Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa sakinah (cederung) kepadanya..

27. ..dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih (mawaddah) dan sayang (rahmah)” (QS 30:21) >> ini ayat sering ada di undangan nikah, pasti apal kan :)

28. “Dijadikan indah pada manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita..” (QS 3:14) >> ini juga firman Allah bahwa cinta itu fithrah

29. jadi hukum asalnya cinta memang fithrah, guna mewarnai dunia, merekatkan ukhuwah dan madu dalam keluarga 🙂 >> tapi banyak disalahartikan..

30. zaman skarang, cinta disamarkan dengan nafsu, dengan hubungan fisik, disempitkan maknanya oleh yang namanya pacaran.. zzz.. -_-;

31. apalagi nanti tgl 14 Februari, ramai remaja dan remaja-kolot disesatkan oleh virus #vday, menjerumuskan dan membunuh rasio atas nama cinta

32. Muslim atau bukan, semua tumpah ruah merayakan dengan macem-macem cara yang ujung-ujungnya pasti maksiat, sekali lagi, pasti maksiat -_-;

33. begitulah aslinya #vday yg berasal dari ritual kaum Romawi yang hobi banget memuja seks dan tubuh manusia, selalu mengukur kesenangan dengan fisik

34. asal mula #vday adalah Lupercalian Festival, untuk memuja dewa kesuburan Lupercus (dewa pan dalam mitologi Yunani) bos-nya para satyr

35. Lupercus digambarkan dewa kesuburan dengan badan manusia dan kepala serta kaki kambing (inget Baphomet?) itulah dia

36. saya tunjukin gambarnya biar horor ya? >> nih Dewa Lupercus yang dipuja oleh kaum Romawi di festival Lupercalia di 13 – 18 Februari

pan2

37. Pan ini juga suami Aphrodite (dewi kecantikan) yg punya anak namanya Eros (Cupid) >> itu anak-anak besayap yg terbang bawa panah cinta -_-;

38. menurut legenda, saking gantengnya Cupid ini, ibunya sendiri kena panah asmaranya dan menyetubuhi anaknya >> hiiiiiii~ itulah #vday!

39. makanya dalam prayaan Lupercalia, masyarakat berpesta sex utk mengambil semangat Lupercus (dewa Pan) dan Aphrodite, maksiat semaleman

40. perayaan Lupercalia ini adalah perayaan wajib Romawi, menjadikan pada hari itu bersenang-senang antara pria-wanita, memuaskan nafsu setan

41. sampe datang Kristen jadi agama Romawi, namun Kristen tak kuasa larang perayaan ini, maka di-’bungkus’-lah dengan nama lain, yaitu Valentine Days!

42. pada tahun 496 Paus Gelasius akhirnya meresmikan #vday jadi agenda tahunan gereja, melegalkannya jadi hari besar Kristen, acaranya? sama maksiat

43. pada 1969 gereja menyatakan #vday terlarang dirayakan karena dianggap Santo Valentine hanyalah tokoh buatan untuk legalisasi perayaan Lupercalia

44. karena gereja akhirnya sadar bahwa Valentine Day #vday tak lain adl hanya perayaan pesta seks yang dibalut atas nama Kristen, maksiat atas nama cinta

45. hal itu aja membuat kita cukup alasan utk tak ikut-ikutan, karena itu hari besar Romawi, juga pernah jadi hari raya agama Kristen, maksiat lagi tujuannya.. *sigh.. -_-

46. ada yang bilang, “ah, itu, kan dulu, sekarang kan murni hari kasih sayang!” >> oh ya?! >> coba simak fakta2 berikut

47. di Inggris & Amerika, setiap tahun angka nge-seks melonjak tinggi banget pada seminggu sebelum #vday dan seminggu setelahnya, orang pada nge-seks pas #vday

48. tanggal 14 Februari di Inggris dijadikan ‘The National Impotence Day’ >> dihimbau agar para remaja tidak nge-seks pada minggu-minggu itu >> tentu gagal

49. di US 14 Februari jadi ‘The National Condom Week’ jadi semua orang wajib pakai kondom untuk hindari kehamilan >> karena mereka tau #vday = seks

50. di Indonesia? >> dari 413 responden yang disurvei 26,4% diantaranya ngaku suka merayakan #vday sama gebetan atau kekasih dengan jalan-jalan, makan-,makan, ciuman lalu ngeseks

51. 54% remaja bandung pernah hubungan seks!. bahkan, persentasenya paling tinggi dibanding kota-kota besar lain seperti Jakarta (51%), Medan (52%) dan Surabaya (47%) (Kompas, 2006)

52. di beberapa daerah, tiap tahun baru dan #vday, seperti yang kita baca di koran atau liat di tipi, penjualan kondom meningkat 40 – 80%, beberapa daerah bahkan soldout!

53. siapa yang paling diuntungkan oleh #vday kalo begitu? >> tentu kapitalis! >> di US, #vday menghasilkan total penjualan retail Rp 144,4 trilliun pada 2011!

54. di Indonesia juga sama, liat aja di toko-toko >> pintar nian kapitalis menghancurkan remaja Muslim, sudah kantong bolong, iman pun bolong pula -_-;

55. #vday yang diklaim hari kasih sayang keliatan boroknya, angka perceraian malah meningkat, di Indonesia dari thn 2005 – 2010, pceraian naik 100%!

56. di negeri yang paling heboh #vday seperti US, perceraian justru terjadi 1 diantara 2 pernikahan (50%) >> masih alasan ini hari kasih sayang?

57. perlu ditanyakan sekarang, #vday: love or lust? sayang atau syahwat?

58. simak nasihat iIahi.. “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka…”

59. juga tausiyah kekasih kita “kamu akan ikuti sunnah2 orang2 sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta.. >>

60. dan ketika mereka masuk ke lubang biawak pun kalian tetap mengikutinya!. Kami bertanya “apakah mereka orang Yahudi dan orang Nasrani?”.. >>

61. Rasul menjawab: “kalau bukan mereka (Yahudi dan Nasrani), siapa lagi?” (HR Bukhari) >> #vday adalah produk keduanya, Yahudi & Nasrani -_-;

62. jadi nggak ada manfaatnya kaum Muslim ikut-ikutan #vday, kalo nggak ikut-ikutan tradisi dan ritual kufur, minimal berdosa.. ngapain, lebih baik kita mencinta secara sejati :D

follow @felixsiauw on twitter for more

Pesan Guru Tercinta

Berikut ini, isi ceramah guru tercinta, Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Phil pada pertemuan di Trawas Mojokerto. semoga bermanfaat.

Assalaamu’alaykum wr.wb.

Saudara-saudara, bertepatan dengan datangnya tahun baru Hjriyah dan ulang tahun INISISTS, saya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada kawan-kawan semua bahwa usaha yang telah kita rintis dalam upaya mengembangkan peradaban Islam telah menuai hasil.

Peradaban Islam adalah peradaban yang lahir dari Al-Qur’an dan dikembangkan oleh tradisi keilmuan Islam yang kokoh dan kuat. Ilmu pengetahuan Islam menjadi berkembang ketika keluar dari jazirah Arab. Kekuatan ilmu pengetahuan ternyata mengalahkan peradaban yang tidak berdasar wahyu. Oleh sebab itu, untuk membangun peradaban Islam di masa datang, dengan mengembangkan ilmu pengetahuan melalui tradisi intelektual Islam dimana ulama pewaris para Nabi wajib melakukan itu semua. Peradaban Islam adalah peradaban ilmu pengetahuan, tetapi ilmu pengetahuan yang dikembangkan bukan hanya sekadar yang kognitif atau rasional, tapi ilmu pengetahuan yang memiliki aspek iman dan amal.

Mengembangkan ilmu pengetahuan di dalam Islam tidak semata-mata mengembangkan rasio dan empiris; ada aspek-aspek spiritual dan supranatural sehingga apa yang ada dalam ayat-ayat kauniyah dan kauliyah bisa menyatu dalam sebuah produk yang disebut peradaban Islam; peradaban ilmu pengetahuan yang kokoh dan berbasis iman dan berkembang dalam bentuk aktivitas-aktivitas yang tulus oleh orang-orang yang berilmu dan beramal secara ikhlas. Baca lebih lanjut

saya menitip istri, bukan sapi

bismillah

Anda pernah mendengar kisah sapi betina? Saya yakin tak hanya pernah, tapi hafal. Kisah sapi yang menjadi latar belakang penamaan surat kedua setelah al-Fatihah itu adalah kisah yang amat termasyhur. Kisah sapi langka yang harus dicari Bani Israil akibat mereka terlalu banyak bertanya atas perintah Allah yang sudah teramat jelas: “sembelihlah seekor sapi betina!!”. Keengganan melaksanakan perintah itu mendorong mereka terus bertanya, sehingga semakin spesifik ciri2 sang sapi, semakin sulitlah dia dicari.

sapi

Siapakah pemilik sapi betina itu? Itulah yang ingin saya ceritakan di sini.

Alkisah, sapi itu milik seorang lelaki yang memiliki seorang istri dan anak yang masih bayi. Sang lelaki adalah seorang shalih yang hanya ingin memberi nafkah keluarganya dengan barang yang sudah jelas halal. Segenap tenaga ia kerahkan untuk menghindari barang haram yang mungkin dimakan istri dan anaknya.

Suatu hari sang lelaki sakit keras. Ia merasa Allah akan segera memanggilnya kembali ke hadiratNya. Tak ada peninggalan yang bisa ia berikan kepada istri dan anaknya, kecuali seekor anak sapi betina yg masih sangat muda.

Maka ia berikhtiar mencari orang yang amanah yang bisa ia titipi sang anak sapi, namun tak ia dapati. Sungguh di zaman itu mencari orang yang bisa membedakan halal haram teramat sulit. Yang ia inginkan, peninggalannya terpelihara tanpa tercampuri barang haram, walaupun ia hanya seekor sapi. Akhirnya ia hadapkan wajahnya ke langit seraya berdoa,

“ya Allah, kutitipkan sapi ini kepadaMu sampai anakku besar nanti. Kembalikanlah sapi ini kepadanya saat tiba waktunya nanti”

Saat ia kembali ke rumahnya ia ceritakan hal itu kepada sang istri. ia bertanya, “di mana kau tinggalkan sapi itu?”

“di tengah padang rumput” jawabnya.

Tak lama kemudian ruh sang lelaki meninggalkan jasadnya.

Singkat cerita, saat sang anak dewasa ibunya menceritakan perihal sapi warisan ayahnya. Segera ia ke padang rumput. Tak lupa ia berdoa,

“ya Allah, Rabb Ibrahim dan Ya’qub, aku bertawakkal kepadaMu, kembalikanlah kepadaku titipan ayahku.”

Ajaib, sapi itu ada di sana!!

Inilah dia, sapi yang dicari kaum Nabi Musa. Yang umurnya tak terlalu tua, tak terlalu muda. Yang berwarna kuning mencolok mata. Yang tak pernah dipakai kerja di ladang dan pesawahan.

Inilah dia, sapi yang Allah pelihara secara langsung. Yang dibeli kaum nabi Musa dengan emas seberat kulitnya. Yang setelah disembelih, bagian tubuhnya membangkitkan orang yang sudah tak bernyawa: dengan perintah Allah tentunya.

Hikmah cerita ini, kata Imam Asy-Sya’rawi dalam tafsirnya, keshalihan orang tua akan menjadi pemelihara dan pengundang berkah bagi turunannya.

Lalu apa hubungannya dengan istri saya?

Saat hendak meninggalkan istri yang baru 10 hari saya nikahi, saya teringat kisah ini. Maka segera saya bersujud seraya berdoa,

“Ya Allah Yang Maha Memelihara, kepadaMu, saya menitip istri saya..!!”

(NB: ka bapa ibu (mertua) n mamah bapa, hapunten ngarepotkeun wae..!!)